Personal Branding


Pertama kali mendengar istilah personal branding dari potongan screenshoot salah satu podcast artis sejuta umat. bintang tamu mengatakan, kalau kamu pengen berkembang jangan menyalahkan orang lain, tapi buat diri kalian menarik, tingkatkan kualitas diri kalian.  bikin personal branding kalian buat  self-improvement.  ini akhirnya memercikkan ide di kepala saya dan berpikir.

Ternyata, begitu besar pengaruh dari personal branding, bagaimana image yang kita inginkan  dan respon yang kita inginkan dari orang lain. dan ternyata personal branding itu sangat umum digunakan dalam suatu iklim kerja.  personal branding akan menunjukkan bagaimana karakteristik dan kompetensi kita. bukan menyombong, tetapi lebih menunjukkan integritas kita kepada orang lain. 

Apakah personal branding bisa di bentuk? tentu saja. buat saya ini sebuah hal yang baik, bagaimana seseorang mengendalikan orang lain seperti apa yang kita harapkan. buat saya ini salah satu hal yang mahal sekali apabila bisa dimiliki oleh seseorang.  bagi orang-orang seperti saya lebih baik memaksa diri sendiri untuk melakukan sesuatu daripada dipaksa oleh orang lain untuk melakukan sesuatu. dan buat saya personal branding menawarkan itu.

Tentu saja, melakukan personal branding bukan sekedar memakai topeng, tetapi benar-benar berusaha mewujudkan apa yang diinginkan melalui pembentukan karakter tersebut, erat kaitannya dengan integritas seseorang dan komitmen.

Seseorang bisa membuat karakter itu, tetapi lebih baik apabila meniatkan dengan sungguh-sungguh itu akan mendapatkan hasil yang baik. mungkin, personal branding inipun dibentuk secara bertahap dan akhirnya bisa menetap.

Personal branding, bisa membuat kepercayaan diri karena menampilkan autentifikasi atau originalitas seseorang, merasa lebih kompeten dan kharisma karena adanya integritas yang terbentuk. mungkin semacam kemampuan aktualisasi juga. 

Menurut saya, personal branding tidak hanya untuk karyawan atau pegawai bahkan orang biasa pun bisa memiliki hal tersebut karena setiap orang adalah contoh untuk orang lain dan siapapun bisa menjadi pemimpin bagi orang lain. dengan adanya dinamika zman yang begitu cepat, tidak ada salahnya mempelajari atau terilhami dengan membangun karakter seperti personal branding. bagi saya ini termasuk pelatihan karakter dan pengembangan diri. 

Jadi, buat kamu, apakah penting mengembangkan Personal Branding ? apakah kamu sudah mencobanya ? bagaimana kamu melakukannya ?

Salam
Febriana

Komentar

Jagawana Kimi mengatakan…
Aku gak tau personal branding ku selama ini gimana. Gak pernah terlalu memusingkan juga. 🤭
Febrianakp mengatakan…
ehehe, iya gapapa si kimi, seebnarnya jadi autentik aja emang lebih baik. cuma belakangan ada yang bikin overthingking jadinya berpikiran perlunya personal branding